Tips Efektif dalam Merencanakan Maintenance Rutin

Seberapa pentingnya sih maintenance website? Dan bagaimana cara perawatan website yang efektif? Memiliki situs website atau blog berarti Anda memiliki tanggung jawab untuk maintenance situs web atau blog Anda. Membangun situs web tidak hanya membuatnya dan melupakannya, tapi Anda juga harus merawatnya supaya berjalan sebagaimana mestinya.

Maintenance website adalah kewajiban jika Anda ingin situs website Anda menghasilkan hasil yang diharapkan. Mengapa maintenance website sangat penting? Jika Anda melakukan pemeliharaan situs website, maka situs website Anda dapat berjalan dengan lancar dan berkinerja lebih baik.

Namun jika Anda mengabaikan situs website Anda begitu saja tanpa melakukan pemeliharaan, bukan tidak mungkin situs website Anda bermasalah. Masalah yang sering terjadi akibat tidak dilakukan pemeliharaan situs web adalah situs web tidak mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya itu, karena situs web yang tidak di pelihara dengan baik pun membuat Anda tidak mengetahui bahwa ada tautan yang rusak/ tidak berfungsi dengan baik.

Misalnya saja pengunjung Anda mengunjungi halaman website Anda dan ingin mengunjungi tautan yang Anda berikan, ternyata tidak berfungsi atau rusak. Itu membuat citra Anda buruk karena telah memberikan tautan yang tidak berfungsi dan itu akan membuat pengunjung Anda meninggalkan dan tidak akan mengunjungi kembali situs website Anda.

Biasanya juga pengunjung mencari informasi terbaru, produk atau fitur yang menarik. Selain itu juga situs website yang tidak di maintenance akan membuat situs website Anda mudah untuk direntas oleh hacker. Jadi, dengan memaintenance situs website dapat membantu Anda dalam memberikan informasi terbaru tentang perusahaan atau produk Anda kepada pengunjung. Maintenance website juga dapat membantu situs web Anda terhindar dari perantas.

Maintenance-Website

Apa Itu Rencana Pemeliharaan Situs Web?

Rencana pemeliharaan situs web adalah panduan komprehensif yang mencantumkan tugas yang dapat ditindaklanjuti untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja situs. Ini termasuk menganalisis kerentanannya, melakukan pencadangan dan pembaruan perangkat lunak, memantau kecepatannya, dan melaporkan perubahan.

Oleh karena itu, pembuatan rencana pemeliharaan web biasanya melibatkan pengembang, staf pemasaran, dan spesialis keamanan. Karena pemeliharaan web adalah proses yang berkelanjutan, membeli layanan pemeliharaan situs web sangat ideal untuk usaha kecil yang tidak memiliki tim TI khusus.

Perusahaan biasanya menjual layanan pemeliharaan paket bulanan atau tahunan yang mencakup masalah keamanan, pembaruan, pencadangan, dan bahkan desain dan SEO. Mereka menghitung biaya pemeliharaan situs web tergantung pada kompleksitas, ukuran, dan fungsinya.

Jika Anda melakukan pemeliharaan sendiri, membuat rencana juga akan membantu menyusun anggaran dan menghitung biaya pemeliharaan situs web secara keseluruhan dengan lebih baik.

Bagaimana cara melakukan maintenance website? 

Berikut adalah beberapa tugas terpenting yang terlibat dalam pemeliharaan situs web.

  • Menguji seluruh situs web Anda setiap tahun: Uji seluruh situs web Anda setidaknya setahun sekali dan setelah melakukan pembaruan. Periksa apakah semua fitur berfungsi, cari tautan rusak dan perhatikan informasi yang ketinggalan jaman atau salah. Ajaklah seseorang yang tidak terkait dengan perusahaan Anda untuk mendapatkan perspektif baru tentang kegunaan situs Anda
  • Menguji kompatibilitas browser: Uji apakah situs web Anda berfungsi dengan benar di beberapa versi browser umum setidaknya setahun sekali.
  • Menguji formulir dan proses pembayaran Anda setiap tiga bulan: Setidaknya sekali dalam seperempat, pastikan semua formulir dan proses pembayaran Anda berfungsi dengan baik.
  • Memeriksa pembaruan perangkat lunak setiap bulan: Periksa pembaruan perangkat lunak dari penyedia hosting Anda, penyedia keamanan, dan pihak ketiga lainnya setiap bulan. Pembaruan ini membantu memastikan fungsionalitas dan keamanan yang tepat. Lebih baik lagi, instal patch saat dirilis, jika memungkinkan.
  • Mencadangkan situs web Anda: Mencadangkan situs web dapat menyelamatkan Anda dari kehilangan banyak waktu dan uang jika terjadi kesalahan dengan situs Anda. Jika Anda memiliki fitur cadangkan otomatis. periksa apakah fitur tersebut berfungsi setiap bulan. Jika Anda tidak memiliki pencadangan otomatis, selesaikan pencadangan manual setidaknya sebulan sekali.
  • Meninjau metrik utama setiap minggu: Dengan menggunakan alat seperti. Google Analytic tinjau kinerja situs web Anda setidaknya seminggu sekali. Periksa. Indikator Kinerja Utama Anda dan pastikan situs Anda membantu mencapai tujuan Anda. Jika tidak, lakukan pembaruan dan periksa apakah pembaruan tersebut meningkatkan kinerja situs Anda saat berikutnya Anda meninjau metrik utama Anda.

Daftar layanan pemeliharaan situs web ini mencakup tugas pemeliharaan situs web yang paling penting, namun ini bukan daftar lengkap semua pekerjaan pemeliharaan yang dapat Anda selesaikan.

Anda dapat memilih untuk membuat rencana pemeliharaan situs web yang lebih ekstensif atau bekerja sama dengan perusahaan pemeliharaan situs web profesional untuk mencapai tujuan Anda.

Bagaimana pemeliharaan situs web secara teratur?

Per minggu

  1. Periksa apakah semua halaman Anda dimuat tanpa kendala
  2. Jalankan pencadangan situs web dan pastikan versi sebelumnya telah disimpan
  3. Lakukan pembaruan pada software dan plugin website Anda
  4. Periksa apakah semua form di website sudah berjalan dengan benar
  5. Hapus semua komentar spam dari halaman dan postingan
  6. Periksa setiap halaman website Anda untuk melihat apakah ada tautan yang rusak
  7. Cari kesalahan 404 dan perbaiki, lalu cek ulang
  8. Tulis satu atau lebih posting artikel blog untuk membuat pengguna Anda tetap terlibat dan mendorong lalu lintas SEO.

Per bulan

  1. Periksa kecepatan memuat laman website Anda dan pastikan tidak ada yang menghambatnya
  2. Tinjau pemindaian keamanan website Anda dan pastikan tidak ada yang bermasalah
  3. Analisis statistik website Anda dari bulan sebelumnya
  4. Periksa artikel blog Anda untuk melihat apakah ada artikel yang dapat diperbarui

Triwulan

  1. Tinjau desain dan struktur website Anda – tingkatkan jika perlu
  2. Periksa grafik dan gambar – tingkatkan jika perlu, Anda dapat memperkecil ukuran file grafik atau gambar untuk mendapatkan waktu muat yang lebih baik
  3. Tinjau judul dan deskripsi SEO dan meta untuk memastikannya seefektif mungkin muncul di pencarian Google
  4. Uji, ubah atau tingkatkan popup, formulir, dan ajakan bertindak
  5. Tinjau beban kerja Anda untuk efisiensi untuk melihat apakah ada sesuatu yang dapat diotomatisasi
  6. Uji website Anda di semua perangkat dan browser untuk melihat apakah itu ditampilkan dengan sesuai
  7. Tinjau kampanye iklan dan pemasaran untuk melihat apakah ada yang perlu diubah atau diperbarui.
  8. Pulihkan versi website sebelumnya untuk memeriksa kesehatan cadangan Anda

Per tahun

  1. Perbarui referensi apapun ke website yang sekarang sedang berjalan
  2. Tinjau setiap halaman untuk akurasi konten, tata bahasa, kesalahan ketik, dan relevansi
  3. Periksa alamat email yang aktif dan lihat apakah ada yang berlebihan dan hapus jika perlu
  4. Pastikan nama domain website Anda diperbarui
  5. Pertimbangkan apakah pembaruan desain website sudah perlu dilakukan atau belum, jika menungkinkan Anda dapat memperbaikinya untuk tetap menciptakan pengalaman terbaik bagi pengguna
  6. Tinjau semua artikel blog Anda yang berkinerja terbaik dan lihat apakah artikel tersebut dapat diperbarui dengan konten baru atau tidak

Memiliki website adalah sesuatu yang wajib. Akan tetapi fakta bahwa web dan konten di dunia yang jumlahnya terus bertambah, maka memiliki website saja ternyata masih belum mencukupi untuk mendatangkan pelanggan. Untuk mendapatkan impact yang optimal dari website maka yang lebih penting adalah melakukan perawatan (maintenance) website secara professional.

Bagaimana Maintenance Website Anda?

Memahami informasi maintenance website, apakah Anda sudah melakukan maintenance website dengan baik dan rutin? Bagaimana kondisi website Anda saat ini? Apakah sudah cukup baik?

Pastinya dengan melakukan maintenance website bisa lebih maksimal penampilannya dan performanya juga lebih baik dari sebelumnya.

Untuk Anda yang belum memiliki website, bisa dengan mudah untuk membuat website di jasa website dari Wan Solution.

Bisa memilih layanan hosting dan domainnya dan tambahan untuk membuat website, atau paling mudah langsung memilih paket layanan pembuatan website di Wan Solution.

Harga yang terjangkau, tampilan menarik dan tinggal pakai saja! Mudah sekali bukan?