Kenapa Website Harus Mobile Friendly?

Kenapa Website harus Mobile Friendly

Apa Itu Website Mobile-friendly?

Apa itu website Mobile Friendly - Kenapa Website Harus Mobile Friendly?

Website mobile-friendly adalah website yang dioptimasi untuk perangkat mobile. Sebagian orang mengenal website jenis ini dengan nama website responsive, merujuk pada kemampuannya untuk ‘beradaptasi’ pada berbagai macam ukuran layar perangkat berbeda.

Ukuran, layout, serta konten website Anda dapat secara otomatis menyesuaikan perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengakses.

Meskipun menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan, belum banyak pelaku usaha di Indonesia yang memanfaatkan website mobile-friendly dengan baik. Padahal jika dioptimasi dengan baik, Anda berpeluang meraih banyak keuntungan dari sini.

Jika Anda memiliki bisnis, tentu Anda ingin meraih keuntungan sebanyak-banyaknya, bukan? Mobile adalah salah satu channel yang bisa Anda manfaatkan untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan. Dan Anda bisa memanfaatkan website mobile-friendly untuk menguasai pasar.

Manfaat website mobile friendly

Membuat website yang mobile-friendly memiliki berbagai manfaat penting, terutama mengingat peningkatan penggunaan perangkat seluler. Berikut adalah beberapa manfaat utama memiliki website yang ramah seluler:

Peningkatan Pengalaman Pengguna (User Experience):

Website yang mobile-friendly memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Pengunjung dapat dengan mudah menjelajahi halaman, membaca konten, dan berinteraksi dengan elemen situs tanpa kesulitan yang signifikan. Hal ini meningkatkan kepuasan pengguna dan memperkuat citra positif tentang situs Anda.

Meningkatkan Retensi Pengunjung:

Pengguna cenderung tinggal lebih lama di situs yang mudah diakses melalui perangkat seluler. Dengan menyediakan pengalaman yang nyaman, Anda dapat mengurangi tingkat bounce (tingkat kunjungan singkat) dan meningkatkan retensi pengunjung.

Peningkatan SEO dan Peringkat Mesin Pencari:

Google dan mesin pencari lainnya memberikan nilai tambah pada situs yang mobile-friendly. Website yang responsif terhadap berbagai perangkat akan mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian mobile, membantu meningkatkan visibilitas dan jumlah pengunjung organik.

Mencapai Lebih Banyak Pengguna:

Dengan lebih banyak orang yang menggunakan perangkat seluler untuk mengakses internet, memiliki website yang ramah seluler memungkinkan Anda mencapai audiens yang lebih besar. Ini termasuk mereka yang menggunakan smartphone atau tablet sebagai perangkat utama mereka.

Meningkatkan Konversi dan Penjualan:

Website mobile-friendly dapat meningkatkan peluang konversi, terutama jika situs tersebut menyediakan pengalaman yang optimal untuk proses pembelian atau pengisian formulir melalui perangkat seluler. Kemudahan akses ini dapat meningkatkan tingkat konversi.

Menyesuaikan Dengan Perubahan Pola Penggunaan:

Dengan melibatkan pengguna yang semakin banyak menggunakan perangkat seluler, website yang responsif memungkinkan bisnis atau situs web untuk tetap relevan dan beradaptasi dengan perubahan pola penggunaan internet.

Meningkatkan Kepercayaan dan Profesionalisme:

Website yang mudah diakses melalui perangkat seluler mencerminkan profesionalisme dan perhatian terhadap kebutuhan pengguna. Ini dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap situs dan merek Anda.

Optimalisasi Penggunaan Layar Sentuh:

Website mobile-friendly dirancang untuk optimal di layar sentuh, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan interaksi menggunakan tangan mereka. Ini memberikan pengalaman yang alami dan responsif.

Peningkatan Kecepatan Memuat Halaman:

Website yang responsif cenderung memiliki kecepatan memuat halaman yang lebih baik, terutama di perangkat seluler. Hal ini penting karena pengguna mobile umumnya menginginkan akses instan ke informasi dan tidak menyukai waktu memuat yang lama.

Dukungan untuk Gaya Hidup Mobile:

Menyesuaikan situs web dengan gaya hidup mobile pengguna modern, yang cenderung bergerak dan menggunakan perangkat seluler untuk mengakses informasi dengan cepat. Website yang ramah seluler dapat mendukung kebutuhan dan preferensi pengguna masa kini.

Dengan menerapkan desain responsif dan membuat website yang mobile-friendly, Anda dapat memastikan bahwa situs Anda dapat memberikan manfaat maksimal bagi pengguna, meningkatkan visibilitas online, dan mendukung tujuan bisnis Anda secara keseluruhan.

Alasan Website Kamu Harus Mobile Friendly

1. Meningkatnya Pengguna Perangkat Mobile

Kenapa Website Harus Mobile Friendly?

Menurut data yang diambil dari We Are Social pada bulan Januari 2020, pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile mencapai 171 juta orang. Data tersebut berarti bahwa 98 persen dari total pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat mobile dalam melakukan penelusuran di internet.

Hal ini berarti bahwa mayoritas pengunjung website kamu menggunakan perangkat mobile saat melakukan kunjungan. Sebagai pemilik website, kamu pasti berusaha yang terbaik untuk memberikan pelayanan yang dapat memudahkan pelanggan. Website yang mobile friendly merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan pelayanan memuaskan kepada pengunjung kamu.

Dengan menyesuaikan ke mobile version, pengunjung bisa lebih nyaman dan betah untuk stay di website kamu untuk scrolling informasi lebih lanjut atau saat berbelanja online. 

2. Website Mobile Friendly Mempengaruhi SEO

Kenapa Website Harus Mobile Friendly?

Sejak tahun 2015, Google telah merilis pembaruan algoritma terhadap hasil pencarian mereka. Dengan algoritma ini, website yang mobile friendly akan lebih diprioritaskan oleh Google. Sehingga website kamu akan memiliki peringkat lebih tinggi pada mesin pencarian dibandingkan yang tidak mobile friendly.

Hal ini juga akan sangat mempengaruhi website kamu, lho! Jika tidak segera membuat website mobile friendly maka website kamu tidak akan muncul pada halaman pertama mesin pencarian atau bahkan tidak akan pernah dilihat oleh siapapun. Dan traffic website akan turun dengan drastis.

3. Meningkatkan Kredibilitas Website

Kenapa Website Harus Mobile Friendly?

Berdasarkan data We Are Social dari HootSuite, penyumbang terbesar pada traffic website pada bulan Desember 2019 berasal dari pengguna perangkat mobile yaitu sebesar 54,6 persen. Jumlah yang sangat banyak untuk dijadikan pertimbangan terhadap keefektifan website kamu.

Website mobile friendly dapat menyediakan layanan terbaik kepada pelanggan dimana kamu bisa memberikan desain tampilan yang pas dengan layar smartphone dan memaksimalkan fitur-fitur pada website kamu. Dengan pelayanan yang baik ini, pengunjung dapat merasakan kredibilitas website karena terlihat lebih profesional.

4. Jangkauan yang Lebih Luas

Kenapa Website Harus Mobile Friendly?

Ketika memiliki website mobile friendly, pengunjung dapat dengan mudah membagikan informasi website kamu kepada teman atau keluarganya hanya dengan beberapa klik jari saja.

Pengunjung hanya perlu klik ikon sharing yang tersedia dan konten website kamu sudah dapat disebarkan. Pengunjung bisa membagikan kepada platform lain seperti media sosial Instagram, Facebook, Whatsapp, LINE, dan lainnya. Sehingga akan semakin banyak orang yang mengetahui website kamu dari informasi yang dibagikan oleh temannya.

Selain itu jika website kamu mobile friendly, pelanggan dapat dengan mudah mencari website kamu pada perangkat mobile tanpa perlu menulis URL lengkap website. Pelanggan hanya perlu melakukan pencarian pada Google dan website kamu akan ditampilkan pada halaman pencarian.

5. Memberikan Pengalaman Memuaskan Kepada Pelanggan

Kenapa Website Harus Mobile Friendly?

Menurut kamu, apa yang paling membedakan website mobile friendly dan yang tidak? Ya, benar! Pengalaman pelanggan terhadap website. Pengalaman kunjungan yang baik maupun buruk akan selalu tersimpan pada benak pelanggan kamu, lho. 

Ketika website kamu sudah dioptimasi ke mobile, tampilan website akan terlihat lebih menarik untuk dilihat pada mobile user. Navigasi pada website juga menjadi lebih mudah dan intuitif. Pengunjung dapat dengan mudah membaca teks maupun menemukan hal yang dicari.

Selain itu, proses loading pada website mobile friendly akan lebih cepat, guys. Coba optimalkan fitur-fitur pada website kamu menjadi simple dan mudah dipahami sehingga pelanggan merasa puas atas layanan yang diberikan. 

6. Lebih Unggul Dibandingkan Kompetitor

Kenapa Website Harus Mobile Friendly?

Seiring perkembangan zaman, persaingan bisnis menjadi semakin sengit. Semakin bermunculan ide-ide kreatif dan unik yang dilakukan perusahaan untuk menarik para konsumen. Jika kompetitor tidak memiliki website mobile friendly seperti website kamu, maka sudah pasti pelanggan akan lebih tertarik untuk mengunjungi atau bahkan melakukan transaksi pada website kamu.

Saat ini belum terlalu banyak orang yang sadar bahwa membuat website mobile friendly adalah hal yang penting. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memberikan pengalaman baru kepada pelanggan dengan website mobile friendly. Website kamu akan jauh lebih unggul dibandingkan kompetitor.

7. Memudahkan Pelanggan Untuk Terhubung

Kenapa Website Harus Mobile Friendly?

Semakin mudah pelanggan untuk melakukan kontak dengan perusahaan, semakin besar kemungkinan mereka akan melakukannya. Ketika memiliki website mobile friendly, pastikan bahwa alamat email dan nomor telepon perusahaan harus mudah ditemukan pada website dan bisa diarahkan langsung.

Coba buat tulisan alamat dan nomor telepon pada website kamu bisa di klik. Sehingga ketika pengunjung menekan teks tersebut, mereka akan langsung diarahkan ke email atau telepon. Semakin mudah pelanggan untuk menjangkau pihak perusahaan, semakin besar juga kemungkinan pelanggan melakukan transaksi pada website kamu.

8. Pengelolaan Website Lebih Mudah

Kenapa Website Harus Mobile Friendly?

Saat kamu menggunakan desain website yang responsif, maka desain website akan disesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Kamu tidak perlu membuat layout teks, gambar, dan video untuk masing-masing perangkat yang digunakan. Desain ini akan menyesuaikannya secara otomatis. Sehingga proses pengelolaan website dan pemasaran produk dapat berjalan lebih efektif dan bisa menjangkau target yang lebih luas.

Kesimpulan

Website mobile-friendly bukan lagi sekadar tren, melainkan keharusan dalam era digital. Dengan mayoritas pengguna internet menggunakan perangkat seluler, website responsif menjadi kunci kesuksesan bisnis online. Keberadaan website yang ramah seluler tidak hanya meningkatkan retensi pengunjung, tetapi juga mendapat prioritas dalam hasil pencarian, meningkatkan visibilitas online.

Desain responsif mencerminkan kredibilitas bisnis dan memberikan kesan positif. Keunggulan lainnya meliputi peningkatan jangkauan, kemampuan berbagi informasi, dan dukungan terhadap gaya hidup mobile. Website mobile-friendly tidak hanya mengoptimalkan konversi, tetapi juga meningkatkan pengalaman pelanggan dengan kecepatan memuat halaman, desain intuitif, dan kemudahan terhubung dengan perusahaan. Untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat, memiliki website mobile-friendly menjadi langkah cerdas untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

Untuk informasi selanjutnya, silahkan hubungi kami melalui nomor/email yang tertera pada website.

Untuk informasi selanjutnya, silahkan hubungi kami melalui nomor/email yang tertera pada website www.wansolution.co.id dan www.wanteknologi.com .

Gratis Konsultasi di Whatsapp 6285776125559

atau berkunjung ke Kantor Resmi kami

Mengapa Website Harus Mobile Friendly?

Alamat
Graha Nurul Menteng
Jl. Terapi Raya Blok AE No.1 Bumi Menteng Asri Kel Menteng, Bogor Kode pos 16111

Ikuti Maps kami https://goo.gl/maps/HGpyzuA3uS88t2Di8