9 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini

12 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini

Apa itu Aplikasi Manajemen Proyek?

6 Aplikasi Manajemen Proyek yang Patut Tim Anda Coba! - ISCEA Indonesia

Aplikasi manajemen proyek adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu tim atau individu mengelola dan mengorganisir pekerjaan yang terkait dengan proyek. Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi, kolaborasi, dan pemantauan kemajuan proyek secara keseluruhan. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk perencanaan, pelacakan, dan pelaporan proyek.

Fitur Umum yang Dimiliki oleh Aplikasi Manajemen Proyek

Berikut adalah beberapa fitur umum yang dimiliki oleh aplikasi manajemen proyek:

Perencanaan Proyek:

  • Pembuatan daftar tugas dan sub-tugas.
  • Penjadwalan tugas dan penentuan tenggat waktu.
  • Pembagian tanggung jawab kepada anggota tim.

Kolaborasi Tim:

  • Komunikasi tim dan kolaborasi dalam satu platform.
  • Penugasan tugas kepada anggota tim.
  • Berkomentar dan berbagi file secara terintegrasi.

Pemantauan Kemajuan:

  • Melacak kemajuan tugas dan proyek secara real-time.
  • Pengukuran pencapaian terhadap jadwal.
  • Memantau penggunaan sumber daya dan waktu.

Pelaporan:

  • Pembuatan laporan proyek dan tugas.
  • Grafik dan visualisasi data untuk analisis.
  • Menyediakan snapshot status proyek.

Manajemen Sumber Daya:

  • Penjadwalan dan alokasi sumber daya (manusia, waktu, dan anggaran).
  • Mengelola anggota tim dan peran mereka dalam proyek.
  • Menyusun bagan Gantt untuk visualisasi jadwal.

Pemantauan Anggaran:

  • Melacak pengeluaran proyek.
  • Mengelola anggaran dan biaya proyek.
  • Memberikan pemahaman yang jelas tentang penggunaan dana.

Notifikasi dan Pengingat:

  • Pemberitahuan otomatis tentang tenggat waktu.
  • Pengingat terkait tugas dan pertemuan.
  • Memastikan tim tetap terinformasi.

Integrasi Alat Kerja Lain:

  • Integrasi dengan alat kolaborasi seperti Slack, Microsoft Teams, atau email.
  • Sinkronisasi dengan kalender dan aplikasi lainnya.
  • Menyederhanakan alur kerja tim.

Beberapa contoh aplikasi manajemen proyek populer meliputi Trello, Asana, Jira, Monday.com, dan Microsoft Project. Setiap aplikasi memiliki fitur dan kelebihan uniknya sendiri, sehingga pemilihan bergantung pada kebutuhan dan preferensi tim serta kompleksitas proyek yang dihadapi.

Bagaimana Aplikasi Manajemen Proyek akan menguntungkan bisnis?

Waktu, pengetahuan, dan sumber daya Anda akan terbatas sebagai pemilik bisnis. Seiring pertumbuhan bisnis, begitu pula tanggung jawab, tugas, proyek, dan bahkan jumlah orang yang bekerja dengan Anda. Anda perlu fokus pada pertumbuhan bisnis dan memanfaatkan apa yang Anda kuasai, tetapi sejuta hal lain juga perlu dilakukan. Bagaimana? Di sinilah alat manajemen proyek berperan, sebuah program yang akan membuat tim bekerja seperti mesin yang diminyaki dengan baik. Berikut beberapa area yang dapat ditingkatkan secara drastis menggunakan alat manajemen proyek

Kolaborasi & Komunikasi – Program manajemen proyek menawarkan kolaborasi yang lebih interaktif daripada email dan spreadsheet. Anda dapat menetapkan tugas dan melacak proyek dari awal hingga akhir. Anggota tim tidak perlu memeriksa kotak masuk mereka setiap detik atau mendengar dari seseorang bahwa mereka belum menerimanya (walaupun Anda 100% yakin telah memberi CC kepada semua orang). Sebaliknya, setiap orang dapat berkomunikasi secara real-time untuk memberikan masukan, pertanyaan, atau masalah lainnya. Selain itu, berbagi file dan dokumentasi menjadi lebih mudah dan aman.

Kontrol Anggaran – Menggunakan program manajemen proyek juga dapat membantu mencegah pengeluaran tidak terkendali. Banyak dari aplikasi ini dilengkapi dengan fitur seperti pelacakan progres, lembar waktu dan manajemen pengeluaran, penggajian, pembuatan faktur, akuntansi, pelaporan, dan banyak lagi.

Perencanaan Sumber Daya – Alat manajemen proyek yang tepat juga dapat membantu mengelola dan mengalokasikan sumber daya secara efektif, baik anggota tim, peralatan, aset, atau pendanaan. Beberapa perangkat lunak memiliki dasbor yang memungkinkan Anda memvisualisasikan dan memantau sumber daya ini untuk ketersediaan, pemanfaatan, dan biaya.

Transparansi & Akuntabilitas – Menggunakan alat manajemen proyek juga dapat membantu mempromosikan transparansi, akuntabilitas, dan rasa tanggung jawab di antara anggota tim. Ketika mereka memahami perannya dan apa yang diharapkan dari mereka serta menyadari tenggat waktu, setiap anggota akan dapat bekerja lebih baik. Selain itu, tidak ada yang lebih memotivasi daripada melihat rekan kerja Anda bekerja keras untuk mencapai tujuan bersama.

Fungsi utama yang harus di prioritaskan

Fungsi dapat bervariasi tetapi pilih perangkat lunak yang menawarkan alat berikut:

  • Kolaborasi tim
  • Komunikasi terpusat
  • Penjadwalan dan manajemen waktu
  • Alokasi sumber daya
  • Pelaporan real-time
  • Pelacak waktu dan penagihan
  • Pengingat batas waktu
  • Penganggaran proyek
  • Dasbor proyek
  • Kemampuan untuk berbagi dokumen, file, gambar, spreadsheet, dan lainnya

Aplikasi Project Management dan Penunjang Produktifitas Terbaik!

Slack

9 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini - wansolution.co.id

Slack adalah salah satu alat manajemen proyek yang paling banyak digunakan yang mendukung komunikasi dalam perusahaan atau dalam tim. Selain fungsi perpesanan instan, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengatur saluran tim atau proyek yang sedang kamu kerjakan sebagai publik (akses untuk semua anggota) atau pribadi (hanya anggota tertentu).

Kamu juga dapat membuat pin pesan atau obrolan untuk saluran untuk menyimpan informasi penting di satu tempat yang mudah diakses.

Dengan Slack, kamu dapat berbagi file gambar, dokumen, dan video dari komputer atau Google Drive kamu. Kamu juga dapat terhubung dengan kolega melalui panggilan suara dan video serta melakukan presentasi menggunakan fitur berbagi layar.

Aplikasi ini terintegrasi dengan lebih dari 2.200 aplikasi termasuk Zapier, Dropbox, dan Google Kalender, menyederhanakan alur kerja kamu. Slack menawarkan paket gratis dengan fitur terbatas untuk bisnis kecil. Untuk grup yang lebih besar, paket premium mulai dari $6,67 per bulan per pengguna aktif.

TypeTalk

9 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini - wansolution.co.id

TypeTalk adalah aplikasi obrolan grup yang menawarkan integrasi dengan aplikasi produktivitas web Nulab lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan bersama Caco, aplikasi pemetaan berbasis cloud, dan Backlog, aplikasi manajemen proyek. Inilah cara kamu mendapatkan pemberitahuan Cacoo dan tunda, diskusikan bagan Kacoo, dan buat masalah penundaan di TypeTalk.

Selain itu, TypeTalk menawarkan API terbuka dan pengait web untuk otomatisasi dan integrasi dengan perangkat lunak lain. Namun, kamu perlu melakukan penyesuaian tambahan agar fitur tersebut berfungsi.

Versi gratis dari proyek manajemen ini membatasi pengguna hingga 10 pengguna dengan penyimpanan 1GB. Versi premium mulai dari $10 per bulan untuk lima pengguna dan dilengkapi dengan penyimpanan 50GB.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat seluler Android dan iOS, serta komputer Windows dan Mac.

Trello

9 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini - wansolution.co.id

Sebagai aplikasi manajemen proyek dan alat kolaborasi, Trello adalah salah satu solusi terbaik di luar sana. Sistem itu sendiri didasarkan pada daftar kartu tugas yang ditempatkan di papan tulis. Fitur drag-and-drop memudahkan pengelolaan tugas.

Kamu dapat mengundang kolegamu ke wawancara dengan nama pengguna, email, atau tautan undangan. Ada beberapa opsi untuk mengatur hak akses ke dewan – pribadi, grup, organisasi, dan publik. Kamu juga dapat mengubah latar belakang dan warna papan Trello.

Kartu Trello dapat diberikan kepada anggota tim, diberi label dan ditandai dengan daftar periksa, tenggat waktu, dan lampiran. Lebih kerennya lagi, kamu juga bisa menambahkan efek atau plugin seperti Dropbox, Google Drive, Slack dan lainnya.

Dengan versi gratis Trello, manajer proyek dapat membuat hingga 10 papan dan 50 proses otomasi per bulan.

Jika kamu ingin menggunakan lebih banyak alat, Kamu dapat membeli paket premium seharga $10/bulan per pengguna. Trello juga menawarkan aplikasi seluler untuk iOS dan Android.

Asana

9 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini - wansolution.co.id

Asana adalah salah satu aplikasi kolaborasi dan manajemen proyek yang paling banyak digunakan. Alat ini hadir dalam antarmuka yang menarik secara visual dan tersedia sebagai versi lanjutan tetapi gratis. Ada juga fitur drag and drop untuk mempermudah penggunaan.

Kamu dapat melihat kemajuan proyek dan tim dengan memilih dari enam opsi:

Tabel, daftar, garis waktu, progres, formulir, dan kalender untuk menyortir data dengan cepat dan mengidentifikasi potensi masalah.

Dengan Asana, kamu dapat membuat aturan otomatis untuk merampingkan proses manajemen tugas organisasi. Kamu juga dapat membuat daftar periksa standar untuk mis. pelatihan karyawan dan perencanaan acara.

Paket gratis tidak membatasi jumlah proyek, tetapi jumlah anggota dibatasi hingga 15 orang. Jika kamu memiliki lebih banyak karyawan, pertimbangkan untuk membeli paket premium mulai dari $10,99/bulan per pengguna.

Wrike

9 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini - wansolution.co.id

Wrike adalah aplikasi manajemen proyek yang menawarkan tampilan papan Kanban dan pembaruan aktivitas secara real-time.

Papan tulis yang disediakan oleh program ini memungkinkan kamu menggunakan proses manajemen tugas seret dan lepas. Wrike juga menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive untuk memastikan data kamu selalu aman.

Versi gratis memungkinkan hingga 5 pengguna dan memiliki penyimpanan 2 GB. Untuk berkolaborasi dengan banyak kolaborator dan menggunakan alat lain, kamu harus meningkatkan ke paket premium seharga $9,80/bulan per pengguna.

Zapier

9 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini - wansolution.co.id

Dengan Zapier, kamu dapat mengotomatiskan tugas berulang antara dua aplikasi atau lebih tanpa menggunakan pengodean atau mempekerjakan pengembang. Membuat proses otomatis atau biasa disebut zap itu mudah. Cukup tunjukkan peristiwa mana yang memicu proses dan tugas mana yang perlu diselesaikan selanjutnya.

Misalnya, jika kamu menerima email dengan lampiran tambahan, Zapier akan secara otomatis mengunggah file tersebut ke akun Dropboxmu. Kamu juga dapat mengintegrasikannya dengan Trello atau Slack.

Paket gratis dari aplikasi produktivitas ini memungkinkan kamu membuat 5 lompatan satu langkah dengan maksimal 100 tugas per bulan. Jadi fase tunggal berarti alur kerja berinteraksi dengan tidak lebih dari dua aplikasi.

Jika kamu memerlukan integrasi multi-level dan membutuhkan lebih banyak Zaps atau lebih banyak tugas per bulan, coba paket premium mulai dari $19,99 per bulan.

ClickUp

9 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini - wansolution.co.id

ClickUp adalah aplikasi manajemen proyek yang lengkap. Perangkat lunak ini menawarkan lebih dari 100+ fitur manajemen proyek seperti manajemen tugas dan waktu, kolaborasi tim, dan pelaporan.

Antarmukanya sangat intuitif dan kamu dapat mengatur ulang tugas dengan menyeret dan menjatuhkan item sesuai dengan prioritasnya. Jika kamu sudah menggunakan perangkat lunak produktivitas lain seperti Wrike, Trello, Asana atau bahkan Microsoft Excel, kamu dapat dengan mudah mengimpor pekerjaan kamu ke ClickUp.

Paket gratis ClickUp membatasi banyak alat bawaannya hingga 100 penggunaan. Untuk menikmati semua fitur manajemen proyek dan meningkatkan batas penggunaan, kamu harus menggunakan versi berbayar, yang dimulai dari $5 per bulan per pengguna.

Redbooth

9 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini - wansolution.co.id

Redbooth adalah program kolaborasi untuk berkomunikasi dengan anggota tim dan mengatur serta memvisualisasikan tugas di satu tempat. Fitur papan Kanban menyediakan antarmuka intuitif yang memungkinkan kamu mengatur, menandai, dan menetapkan tugas kepada karyawan dengan mudah.

Selain itu, kamu dapat mengatur tugas dengan cepat, menghemat waktu, dan berkomunikasi lebih baik dengan rekan kerja. Fitur Gantt Chart yang disediakan oleh Redbooth membantu kamu membuat dan memvisualisasikan garis waktu.

Kamu juga dapat membuat dependensi tugas di versi lanjutan Redbooth untuk mengetahui tugas mana yang harus diprioritaskan untuk menghindari kemacetan.

Versi gratis menawarkan penyimpanan 2GB dan dua pengguna. Namun, fungsi lainnya juga cukup terbatas. Untuk mengakses fitur tambahan dan menggunakan Redbooth untuk proyek yang lebih besar, kamu harus membeli versi premium, dengan biaya $9 per bulan per pengguna.

Miro

9 Aplikasi Manajemen Proyek Terkini - wansolution.co.id

Miro adalah board untuk mengembangkan ide dan membuat strategi bisnis dengan tim kamu.

Semua anggota tim dapat menulis, menggambar, dan mengedit di papan tulis online secara bersamaan. Dengan aplikasi ini kamu dapat melihat apa yang sedang dikerjakan rekanmu dan berkomunikasi dengan mereka melalui obrolan dan komentar.

Versi gratis Miro menawarkan tiga papan yang dapat disesuaikan, pengguna tak terbatas, dan integrasi inti dengan aplikasi seperti Slack, Microsoft Teams, dan Dropbox.

Jika kamu ingin menggunakan lebih banyak fitur, kamu dapat mencoba paket premium, yang dimulai dari $8 per bulan per pengguna.

Kesimpulan

Aplikasi manajemen proyek adalah perangkat lunak untuk meningkatkan efisiensi dan kolaborasi dalam proyek. Fiturnya melibatkan perencanaan, kolaborasi tim, pemantauan kemajuan, pelaporan, manajemen sumber daya, dan integrasi alat kerja. Keuntungan termasuk peningkatan kolaborasi, kontrol anggaran, perencanaan sumber daya, dan transparansi. Beberapa aplikasi terbaik termasuk Slack, Trello, Asana, dan Miro.

Untuk informasi selanjutnya, silahkan hubungi kami melalui nomor/email yang tertera pada website www.wansolution.co.id dan www.wanteknologi.com .

Gratis Konsultasi di Whatsapp 6285776125559

atau berkunjung ke Kantor Resmi kami

Alamat
Graha Nurul Menteng
Jl. Terapi Raya Blok AE No.1 Bumi Menteng Asri Kel Menteng, Bogor Kode pos 16111

Ikuti Maps kami https://goo.gl/maps/HGpyzuA3uS88t2Di8