tujuan software

tujuan software

Tujuan software
Berdasarkan Tujuan software atau perangkat lunak dapat dibagi menjadi beberapa, antara lain:

1. Aplikasi perangkat lunak (software application)
Aplikasi perangkat lunak (software application) merupakan perangkat lunak yang menggunakan sistem komputer untuk tujuan melakukan fungsi khusus atau menyediakan fungsi hiburan di luar sistem operasi dasar komputer itu sendiri.

2. Perangkat lunak sistem (software system)
Perangkat lunak sistem merupakan perangkat lunak yang secara langsung mengoperasikan perangkat keras komputer (hardware) Untuk tujuan menyediakan fungsionalitas dasar yang dibutuhkan oleh pengguna dan perangkat lunak lain serta untuk menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak. Adapun perangkat lunak sistem meliputi:

A. Perangkat Lunak Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan bagian penting dari perangkat lunak yang tujuannya untuk mengelola sumber daya dan menyediakan layanan umum untuk perangkat lunak lain yang sedang berjalan “di atas” sistem operasi itu sendiri. Program sistem operasi misalnya saja adalah Program Pengawas, boot loaders, shells dan sistem jendela adalah bagian inti dari sistem operasi. Dalam prosesnya, sistem operasi dibundel dengan software tambahan (termasuk perangkat lunak aplikasi) sehingga pengguna dapat berpotensi untuk melakukan beberapa pekerjaan dengan komputer yang telah terinstal sistem operasi.

B. Perangkat Lunak Driver
Driver perangkat merupakan program yang tujuannya untuk mengoperasikan atau mengendalikan suatu jenis perangkat yang terpasang pada komputer. Setiap perangkat membutuhkan setidaknya satu driver perangkat yang sesuai. Hal ini karena komputer biasanya memiliki minimal setidaknya ada satu perangkat input dan setidaknya satu perangkat output. Kadang beberapa komputer juga bisa membutuhkan lebih dari satu driver.

C. Perangkat lunak Utilitas
Utilitas merupakan program komputer yang dirancang untuk membantu pengguna dalam pemeliharaan dan perawatan komputer mereka. Misalnya saja perangkat lunak Defragment, System tools, Recyle Bin dan sebagainya.

3. Perangkat Lunak Berbahaya (Malware)
Perangkat lunak berbahaya atau malware merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk tujuan membahayakan dan mengganggu komputer. Dengan demikian, artinya pengguna komputer manapun tidak ingin perangkat lunak ini. Malware sendiri sangat erat kaitannya dengan kejahatan yang berkaitan dengan komputer, meskipun beberapa program berbahaya mungkin ada sebagai lelucon praktis.



tags :